Senin, 05 Maret 2012

Komponen-Komponen Internet

Komponen-komponen layanan yang tesedia oleh internet sejak awal hingga kini terus berkembang, semakin banyak dan sangat beragam baik sifat maupun manfaatnya.  Komponen yang dimaksud bisa berarti layanan internet, piranti (tool), utiliti atau sistem tertentu di internet. Sejalan dengan berkembangnya internet, komponen-komponen tersebut berubah-ubah jumlahnya setiap saat. Untuk mengakses layanan-layanan di internet, diperlukan komponen-komponen program client yang spesifik yang terinstal pada komputer pengguna internet. Komponen-komponen layanan tersebut adalah :



a. Web Browser

Web Browser merupakan salah satu jenis program client yang dapat mengakses beberapa layanan internet. Untuk mengakses layanan tertentu pada jaringan internet, web browser menggunakan konsep URL (Uniform Resources Locator) untuk menuliskan alamat yang akan diakses. Web browser saat ini yang banyak digunakan seperti Internet Explorer, Netscape, MoZilla Firefox, Opera, dan sebagainya.


b. WWW (World-Wide Web)

Layanan WWW (3W) atau biasa juga disebut Web merupakan jenis layanan yang paling popular dikalangan pengguna internet. WWW tidak hanya berfungsi sebagai media untuk mencari informasi, tetapi Web sudah banyak digunakan secara komersial oleh hampir semua perusahaan-perusahaan di seluruh dunia untuk mengiklankan usaha mereka. Setiap dokumen yang ditulis menggunakan suatu format standar yang disebut HTML (HyperText Markup Language). Dokumen yang ditransfer antar Web Server menggunakan suatu protokol yang disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol). Web saat ini telah semakin dinamis, interaktif dan cerdas dengan bahasa pemrograman yang dikembangkan untuk menutupi kekurangan yang terdapat pada HTML sebagai bahasa standar untuk Web. Kalau dulu suatu Web hanya dapat menyajikan informasi, saat ini suatu Web telah dapat berinteraksi dengan pengguna melalui pengisian form, validasi input atau transaksi online. Untuk mengkases Web, dapat digunakan Web Browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Neoplanet, Mosaic dan lain sebagainya.


c. FTP (File Transfer Protocol)

FTP adalah suatu aplikasi program yang merealisasikan konsep client-server antar host di internet atau semua host yang memakai protokol TCP (Transmition Control Protocol) sebagai transport-protokolnya. FTP menyajikan hubungan yang interaktif antara client dan server. Kelebihan lainnya dalam hal sekuritas karena tidak semua client dapat mengakses FTP server sebab client harus punya otorisasi (username dan password) terlebih dulu untuk dapat mengakses semua file yang ada di FTP server. Client yang tidak punya otorisasi hanya dapat mengakses suatu FTP server jika FTP server tersebut menyediakan suatu account yang dapat digunakan oleh publik (semua client) yang disebut anonymous FTP. Pada anonymous FTP, alamat e-mail kita akan digunakan sebagai password.  Saat ini banyak program yang berfungsi sebagai FTP client, seperti WS_FTP, Cute FTP, Windows Commander, dan lainnya. Dengan FTP komputer-komputer dapat saling men-download file melalui jaringan internet. Pengiriman file dapat dilakukan dalam mode ASCII untuk file berbentuk text, atau mode binary untuk file yang berbentuk byte-stream, misalnya file gambar ( berekstention .jpg, .gif) dan sebagainya.


d. Telnet

Telnet adalah suatu aplikasi program komunikasi interaktif dua arah berbasiskan protokol TCP/IP yang digunakan untuk emulasi terminal ke remote komputer dari lokal komputer atau Terminal Server dan dapat menikmati fungsi yang sama dengan terminal yang dihubungkan langsung ke komputer tersebut. Sebelum log on pemakai biasanya harus memberikan identitas (username dan password) terlebih dahulu. Jika identitas yang diberikan benar, pemakai akan masuk ke remote komputer tersebut dan dapat melakukan aktifitas yang tersedia dan yang diperbolehkan oleh sistem administrator mesin komputer tersebut. Perintah penulisan Telnet adalah telnet hostname atau telnet hostaddress. Hostname adalah nama DNS dari mesin komputer yang dituju sementara hostaddress adalah alamat internetnya (IP address). Jadi layanan telnet memungkinkan kita untuk melakukan remote login ke suatu komputer. Layanan telnet umumnya dimiliki oleh sistem operasi UNIX dan Linux, sedangkan untuk mengoperasikan dengan windows 9x, maka kita cukup menjalankan : Start >Run>Telnet, kemudian memasukkan nama host atau IP address host yang dituju. Telnet yang disediakan sistem operasi windows 9x contohnya QVT/Term, Putty, PenguNet, dan sebagainya.


e.  E-Mail

E-mail merupakan komponen utama yang paling banyak digunakan dalam komunikasi informasi saat ini, bukan saja di internet tapi juga outernet (jaringan lain di luar internet). Format penulisan alamat e-mail adalah username@hostname. Username adalah nama yang tertera di mesin komputer penyedia internet setempat (ISP) dimana nama orang tersebut terdaftar. Hostname adalah nama lengkap (berikut domainnya sesuai aturan DNS) mesin komputer ISP yang terhubung ke internet. Protokol yang digunakan untuk mengirim e-mail adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), sedangkan untuk men-download-nya menggunakan protocol POP (Post Office Protocol) atau IMAP (Internet Message Access Protocol). Jenis layanan e-mail yang popular berbentuk Web based Email, yaitu layanan e-mail yang dapat diakses menggunakan Web Browser.


f. UseNet

UseNet atau NetNews adalah suatu jaringan komputer berbasiskan konsep client-server yang berfungsi seperti forum diskusi elektronik internasional tentang berbagai macam hal. Pentransferan data dan informasi menggunakan NNTP (Network News Transport Protocol) dan UUCP (Unix to Unix Copy Program). Tiap tulisan atau pesan pemakainya dikelompokkan atas beberapa kelompok (newsgroup) yang membicarakan suatu topik tertentu.


g. Shell

Shell adalah suatu jenis layanan yang menggunakan perintah-perintah dalam Sistem Operasi Unix. Perintah-perintah seperti finger, who, what, talk, ping, mail dan telnet seringkali digunakan dan dapat dianggap sebagai layanan dalam internet. Shell berhubungan dengan emulasi misalnya emulasi ke ISP. Pada saat kita emulasi ke ISP, pasti akan log on ke mesin- mesin komputer yang berbasiskan Unix. Setelah log on, kita akan mendapatkan prompt ” # “. Pada saat itu kita sebenarnya sudah berada dalam layanan Shell dan siap memberikan perintah- perintah Unix sebanyak yang kita ketahui. Layanan Shell ini hanya bermanfaat bagi pemakai yang sudah mengenal baik Unix. Bagi mereka yang tidak mengenal Unix akan mendapatkan kesulitan saat memakai layanan ini.

h. Gopher

Gopher adalah komponen internet yang digunakan untuk mencari dan mengambil informasi berdasarkan konsep client-server. Informasi tersebut dapat berupa data teks atau binary, gambar maupun suara. Hubungan antar Gopher Server yang membentuk jaringan disebut Gopherspace. Gopher dikembangkan pertama kali oleh Computer and Information Services Department dari Universitas Minesota. Berikut ini adalah beberapa Gopher Server yang dapat diakses serta topik utama yang disediakan :

-          cyfer.esusda.gov (pertanian)

-          libra.arch.umich.edu (arsitektur)

-          galaxy.ucr.edu (fotografi)

-          cast0.ast.cam.ac.uk (astronomi)

-          wuarchive.wust1.edu (komputer)

-          gopher.stolaf.edu (geologi)

-          odie.niaid.nih.gov (masalah AIDS)

-          gopher.lib.umich.edu (informasi internet)


i. IRC (Internet Relay Chat)

IRC adalah suatu program client-server yang berfungsi seperti perintah talk di Unix. Bedanya, pada IRC jumlah pemakai yang berkomunikasi dapat lebih dari dua orang pada saat yang bersamaan. Perintah Unix yang berhubungan dengan IRC adalah finger yang digunakan untuk mengetahui siapa saja pemakai yang log on di suatu host tertentu (lokal atau remote) dan ping yang digunakan untuk mengetahui suatu host sedang dalam keadaan hidup (reachable) atau mati (unreachable). Dasar penggunaan IRC adalah konsep channel. Setiap pembicaraan menggunakan sebuah channel.

1 komentar: